Sabtu, 20 Oktober 2018 17:04 WITA

Perbankan di Sulsel Meriahkan Expo Literasi dan Inklusi Keuangan 2018

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Andi Chaerul Fadli
Perbankan di Sulsel Meriahkan Expo Literasi dan Inklusi Keuangan 2018

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua (Silampua), menggelar Ekspo Literasi dan Inklusi Keuangan Sulawesi Selatan (Sulsel) 2018, di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu (20/10/2018).

Kegiatan yang mengangkat tema “Sinergi Mendorong Percepatan Inklusi Keuangan” ini, dilaksanakan bekerja sama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (FKIJK Sulselbar) dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulsel.

Dihadiri Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, DPR RI Amir Uskara, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan kepala daerah lainnya di Sulsel, serta seluruh pimpinan lembaga jasa keuangan di Sulsel.

Kepala OJK Kantor Regional 6 Silampua, Zulmi mengatakan, ekspo tersebut merupakan puncak kegiatan di bulan inklusi keuangan, bulan Oktober 2018.

"Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari. Melibatkan seluruh lembaga jasa keuangan di Sulsel. Baik perbankan, pasar modal, maupun IKNB, termasuk perusahaan fintech dan UMKM binaan perbankan yang akan memaperkan produk unggulan masing-masing," kata Zulmi dalam sambutannya.

Kegiatan utama Ekspo Literasi dan Inklusi Keuangan, lanjut Zulmi, meliputi pameran produk keuangan yang diikuti oleh OJK, Bank Indonesia, Kanwil Ditjen Perbendaharaan, dan seluruh Lembaga Jasa Keuangan di Sulsel.

Selanjutnya ada kampanye capaian program inklusi keuangan, penyerahan penghargaan tokoh inklusi keuangan, aksi Corporate Social Responsibility (CSR) Industri Jasa Keuangan, launching majalah FKIJK Sulselbar, senam bersama, dan aneka lomba dan hiburan.

Selain itu, adapula pemaparan    capaian program inklusi keuangan yang akan dikampanyekan. Meliputi capaian akses kredit UMKM fasilitasi TPAKD Kredit UMKM (KUR), kredit UMKM (non-KUR), KPR bersubsidi dan akses kredit Ultra Mikro.

Kemudian pemaparan akses Simpanan Pelajar, Tabungan Laku Pandai, Saham dan Reksadana, Pembiayaan Multifinance, Asuransi Mikro, Tabungan Emas, serta akses Uang Elektronik.