Kamis, 18 Oktober 2018 16:21 WITA

Facebook Laju Digital Bagi Tips Sukses di Era Digital

Penulis: Syukur
Editor: Aswad Syam
Facebook Laju Digital Bagi Tips Sukses di Era Digital
Pembicara pada ajang Facebook Laju Digital yang digelar di Makassar, Kamis (18/10/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Facebook Laju Digital digelar di Kota Makassar, Kamis (18/10/2018). Facebook Laju Digital merupakan rangkaian kampanye nasional. Tujuannya, membantu para pengusaha kecil menengah (UKM) ataupun komunitas di Indonesia, untuk sukses dalam era digital saat ini.

Rubben Hattari selaku Kepala kebijakan Publik Facebook Indonesia mengatakan, kegiatan ini untuk ke tiga kalinya digelar. Sebelum di Makassar, telah dilakukan di dua kota lainnya. 

"Kami sangat bangga dapat menghadirkan kampanye Laju Digital di Makassar dan ini gratis. Kami berkomitmen membantu UKM dan komunitas hingga pelosok," ungkap Rubben. 

Rubben menambahkan, kegiatan Facebook Laju Digital, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan digital para UMK dan komunitas yang sempat hadir dalam acara tersebut. Dengan demikian, media online dapat dimanfaatkan sebagai wadah memperkenalkan produk-produk mereka. 

"Pelatihan yang kami berikan, termasuk kelas untuk mempelajari best practices dalam pemasaran, privasi online, bagaimana membangun komunitas, dan lain-lain. Kami bisa membantu Anda yang ingin  menghadirkan bisnis atau komunitas secara online, untuk berkembang tanpa memandang kemampuan Anda," tambahnya.

Rubben menambahkan, kegiatan ini diutamakan bagi mereka yang telah memiliki usaha. Pihaknya pun terus memperluas mitra guna membantu para UKM dam komunitas. Tak hanya memberi pelatihan, tapi juga untuk sharing atau bimbingan untuk meningkatkan kemampuan.

"Kita perbanyak mitra, karena kita tidak mau hanya beri pelatihan dan ditinggalkan. Bukan hanya dilatih buat iklan, tapi juga dibantu melihat kemampuan diri mereka sendiri," tambahnya. 

Sementara itu, Suhandi dari komunitas Aksi Indonesia Muda, menyebut media sosial sangat membantu dalam komunitas yang dibentuk. Untuk diketahui, komunitas Aksi Indonesia Muda merupakan komunitas yang berupaya meningkatkan taraf hidup warga di eks kampung kusta, Jalan Dangko. Di mana anggota komunitas Aksi Indonesia Muda, berupaya membekali mereka keterampilan untuk menghasilkan kerajinan tangan.

"Untuk memasarkan hasil kerajinan tangan, mereka tak cukup dengan langsung menjual ke toko. Kami juga berusaha memanfaatkan media sosial, untuk mempromosikan kepada masyarakat karya tangan mereka yang bisa dipasarkan," ungkap Suhandi.