Rabu, 17 Oktober 2018 12:08 WITA

Astra Financial, Enam LJK Bersatu Berikan yang Terbaik

Penulis: Nurhikmah
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Astra Financial, Enam LJK Bersatu Berikan yang Terbaik
Chief Astra Financial, Adi Sepiarso (Tengah)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Enam Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dari berbagai sektor mulai dari perbankan hingga asuransi mendeklarasikan penyatuan mereka dalam satu grup jasa keuangan, Astra Financial.

Enam perusahaan ini adalah Permata Bank, Astra Credit Companies, FIF Group, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, dan Astra Life.

Secara layanan, LJK ini dikenal dengan ACC brand dari PT Astra Sedaya Finance yang menawarkan pembiayaan mobil segala merek. TAF brand dari PT Toyota Astra Financial Services yang menawarkan pembiayaan mobil Toyota, Daihatsu, dan Lexus. 

Lalu, Asuransi Astra brand dari PT Asuransi Astra Buana, PermataBank brand dari PT Bank Permata Tbk yang menawarkan rangkaian produk dan jasa perbankan yang komprehensif.

Ada pula FIFGROUP brand dari PT Federal International Finance yang merupakan pembiayaan sepeda motor Honda (FIFASTRA) dan beragam pembiayaan konsumen.

Serta, Astra Life brand dari PT Astra Aviva Life yang menyediakan produk asuransi yang komprehensif berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link).

Astra Financial diperkenalkan lebih luas kepada masyarakat Indonesia hingga ke berbagai kota termasuk Makassar, melalui event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). 

Astra Financial, Enam LJK Bersatu Berikan yang TerbaikPada  pameran otomotif bergengsi tersebut Astra Financial hadir sebagai partner resmi pembiayaan event ini. 

"Momentum ini kami gunakan untuk declare Astra Financial sehingga lebih dikenal masyarakat," kata Ketua Panitia Astra Financial GIIAS di Makassar Gunawan Santoso Salim.

Chief Astra Financial, Adi Sepiarso menuturkan, kehadiran Astra Financial diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif di Sulawesi Selatan dan menjadi mitra keuangan bagi masyarakat Sulsel, khususnya kota Makassar, yang ingin menikmati one stop solution jasa keuangan. 

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan daya saing industri jasa keuangan. Terutama penerapan teknologi dalam pengembangan produk dan layanan,” katanya dalam kegiatan Media Gathering Astra Financial jelang GIIAS di Makassar beberapa  waktu lalu. 

Dia menambahkan, Astra Financial ingin mendukung perkembangan industri otomotif nasional, khususnya yang berkaitan dengan bidang keuangan secara sinergis sesuai dengan kompetensi enam LJK dalam Astra Financial tersebut.

Adi mengatakan,  LJK yang bergabung dalam Astra Financial Group tidak akan saling gerus pasar.  Bahkan persatuan ini akan membawa dampak positif merupa peningkatan  mutu dan pelayanan yang bisa dirasakan langsung pelanggannya. 

Hal tersebut dibenarkan oleh   Branch Manager  Asuransi Astra Makassar Hilmi Farizan. Menurut Hilmi,  sejak tergabung dalam group Astra Financial ada berbagai keuntungan yang dirasakannya sebagai salah satu anggota group diantaranya,  integrasi data base pelanggan dan kekuatan branding image di masyarakat. 

"Kalau kami promosi sendiri-sendiri  saja dana untuk promosi sangat kurang. Tapi dengan bersatu,   kami menggabungkan  biaya promosi kami,  artinya kami akan punya lebih banyak  dana untuk melakukan branding image.  Sehingga kami menjangkau lebih luas dan potensi masyarakat mengenal kami akan lebih besar," kata Hilmi saat ditemui di kantornya di bilangan Dr Sam Ratulangi. 

Astra Financial, Enam LJK Bersatu Berikan yang TerbaikSelain memperkuat strategi  promosi mereka,  bersatunya mereka dalam satu  group, kata Hilmi membuat anggota group dapat menawarkan bundle layanan dengan harga yang  lebih kompetitif dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain. 

"Dengan demikian kami dapat memberikan harga terbaik yang lebih affordeable kepada pelanggan kami.  Hal ini  menjadi dampak positif yang bisa dirasakan pelanggan kami," jelasnya.

Tumbuh Bersama

Salah satu LJK yang merasakan pertumbuhan positif setelah berada dalam payung Astra Financial adalah PT Federal International Finance Group (FIF Group).

Presiden Direktur FIF Group Margono Tanuwijaya mengatakan, sampai Juni 2018, penyaluran pembiayaan ini mencapai Rp 18 triliun-Rp 18,5 triliun. Pencapaian itu naik 8% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Sampai akhir tahun ini, FIF Group menargetkan total pembiayaan baru Rp 38 triliun tumbuh sekitar 5% dibandingkan tahun lalu. 

"Semester II kami melihat lebih baik dibanding tahun lalu. Daya beli juga mengangkat pembiayaan kami," kata Margono.

Apalagi tahun ini, FIF Group melalui bendera Astra Financial meramaikan ajang otomotif tahunan, GIIAS 2018. Di ajang ini FIF Group merilis promo khusus. Seperti bunga 0,88% untuk motor Honda kategori big bike dengan tenor satu tahun.

Ada juga tawaran bunga spesial potongan angsuran Rp88.000 per bulan untuk motor Honda kategori big bike maksimal jangka waktu setahun. Penawaran yang sama juga diberikan untuk motor Honda tipe high end seperti CBR 250, CBR 150, CFR 250, CFR 150, PCX dengan tenor tiga tahun.

FIF bahkan memberikan bunga spesial untuk motor Honda non big bike-non high end seperti Beat, Scoopy, Vario, Revo, Supra X, CB150, Verza. Margono mengaku tidak memasang target spesifik untuk ajang GIIAS 2018.

Pameran ini menurut dia, untuk lebih memperkenalkan kembali brand FIF Group beserta produk ke komunitas otomotif di Indonesia. Tawaran promo bunga tersebut terbukti meningkatkan minat konsumen. Apalagi multifinance lain memilih menaikkan suku bunga kredit.

Margono mengklaim, FIF Group lebih mengutamakan pelayanan kepada konsumen. 

"Kami memilih efisiensi pada aktivitas pemasaran," kata Margono 

FIF mencatat pembiayaan 224 kendaraan bermotor selama ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Direktur FIF Group Antony Sastro Jopoetro mengatakan, rata-rata pembiayaan selama pameran itu sebesar Rp 15,90 juta per unit. Jika dihitung, artinya selama GIIAS kemarin FIF Group membukukan booking sebesar Rp 3,56 miliar. 

Berita Terkait