Jumat, 05 Oktober 2018 17:35 WITA

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II 2018 Tertinggi Sejak 2013

Penulis: Sartika Marzuki - Arfa Ramlan
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II 2018 Tertinggi Sejak 2013

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II tahun 2018, menjadi yang tertinggi dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso mengatakan, perekonomian Indonesia meningkat cukup tinggi. Terutama didorong oleh permintaan domestik dari konsumsi swasta dan pemerintah serta investasi yang tetap kuat.

"PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia berhasil tumbuh 5,27 persen (yoy) pada triwulan II. Ini yang tertinggi sejak 2013," ungkap Bambang.

Pertumbuhan konsumsi rumah tangga tercatat 5,14 persen (yoy). Hal ini didukung oleh perbaikan pendapatan dan keyakinan konsumen serta terjadinya inflasi.

"Secara spesial, pertumbuhan ekonomi terutama ditopang oleh membaiknya ekonomi Sumatera, Kalimantan dan Papua.  Serta masih kuatnya ekonomi Jawa, Sulawesi dan Maluku," tuturnya.

Ke depan, lanjut Bambang, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan cukup kuat. Dengan ditopang oleh peningkatan investasi dan konsumsi, di tengah perbaikan ekspor yang masih terbatas.