Kamis, 04 Oktober 2018 19:31 WITA

Rupiah Melemah, Inflasi Indonesia Turun 0,32%

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Andi Chaerul Fadli
Rupiah Melemah, Inflasi Indonesia Turun 0,32%

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kendati kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melemah. Namun pengaruh tekanan nilai tukar rupiah terhadap inflasi masih sangat minim.

Hal itu dibuktikan dengan penurunan inflasi pada September 2018 yang tercatat 2,88 persen (yoy). Angka ini turun 0,32 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu 3,20 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bambang Kusmiarso menuturkan, penurunan inflasi terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran. 

"Penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan. Seperti bandeng, cakalang, cabai, tomat, bayam dan sejumlah komoditas lainnya," kata Bambang dalam konferensi pers di Kantor BI Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Kamis (4/10/2018).

Kedepannya, lanjut Bambang, inflasi Indonesia diperkirakan akan tetap terkendali dan berada dalam sasaran inflasi 2018, yaitu 3,5 persen (yoy).

"Koordinasi kebijakan pemerintah dan BI dalam mengendalikan inflasi akan terus di perkuat. Terutama dalam rangka antisipasi risiko meningkatnya inflasi bahan makanan jelang akhir tahun," tutup Bambang.