Kamis, 27 September 2018 16:43 WITA

Transformasi Portofolio dan Pengembangan Kapabilitas Kunci Pertumbuhan Unilever

Editor: Nur Hidayat Said
Transformasi Portofolio dan Pengembangan Kapabilitas Kunci Pertumbuhan Unilever

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Unilever Indonesia Tbk melakukan paparan publik dalam investor Summit 2018 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) di Hotel Claro, Makassar, Kamis (27/9/2018).

Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk, Sancoyo Antariksa, mengatakan di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan, perseroan tetap optimistis untuk bisa terus mengembangkan bisnisnya secara berkelanjutan dan bertanggung jawab di Indonesia.

"Pada kuartal kedua 2018, kami mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp21 triliun. Kami juga mencatat laju pertumbuhan majemuk (CARGO) yang baik selama 10 tahun terakhir, sejak 2007 yakni sebesar 12,6 persen. Hal ini kami capai berkat penerapan model '4G' (consistent growth, competitive growth,  profitaible Growth, dan sustainable growth)," bebernya.

Menurutnya, dalam mengembangkan bisnisnya, selain model '4G', perseroan juga berfokus pada dua hal utama, yaitu tranformasi portofolio dan pengembangan kapabilitas yang memadai untuk siap menghadapi masa yang akan datang. 

"Dua hal ini merupakan strategi kami, untuk bisa mencapai perkembangan yang berkesinambungan," tuturnya.  

Sancoyo berujar, dalam hal tranformasi portofolio, perseroan melakukan pembaruan pada produk-produk inti dan melakukan berbagai inovasi untuk menjangkau kebutuhan konsumen dan segmentasi pasar yang berbeda.

"Misalnya peluncuran sabun Korea Glow dan juga peluncuran Cornetto Rp5.000. Serta menghadirkan Sambal Jawara yang resmi di luncurkan pada September ini," ucapnya.

Sementara dalam hal mempersiapkan kapabilitas yang memadai untuk masa yang akan datang, pihaknya meluncurkan Prakarsa-prakarsa di sepanjang rantai bisnis. Seperti, Connected format growth (C4G)  untuk menghadapi kompleksitas tantangan saat ini dan masa yang akan datang.

Ia juga menjelaskan, selain strategi bisnis untuk menenangkan pasar, perseroan terus melakukan upaya praktik bisnis yang bertanggung jawab melalui berbagai inisiatif terkait edukasi, pengembangan komunitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta inisiatif untuk mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan dari operasi bisnis perseroan.

"Melalui dia fokus strategi kami dan berbagai program kemasyarakatan dan lingkungan yang kami jalankan, kami sangat optimis untuk terus bisa mempertahankan pertumbuhan kami secara jangka panjang dan bertanggung jawab di Indonesia," pungkasnya.

Berita Terkait