Kamis, 27 September 2018 15:47 WITA

Optimalkan Utilisasi Aset, PSSI Jual FLF

Penulis: Yuniastika Datu - Arfa Ramlan
Editor: Nur Hidayat Said
Optimalkan Utilisasi Aset, PSSI Jual FLF

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) perusahaan yang bergerak di bidang solusi logistik dan transportasi laut berencana melakukan penjualan satu unit aset Floating Loading Facility (FLF), fasilitas pemindah muatan batu bara lepas pantai yang dibuat pada 2007. Langkah strategis ini sebagai bagian dari divestasi usaha untuk mengoptimalkan utilisasi aset. 

Corporate Secretary, Imelda Agustina Kiagoes, mengatakan penjualan ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi perseroan untuk memperoleh dana untuk di investasikan ke aset yang lebih menguntungkan. 

"Hal ini sejalan dengan strategi usaha perseroan untuk ekspansi armada kapal yang telah dilakukan selama dua tahun terakhir, dan target ke depan, sesuai dengan kebutuhan pasar domestik dan ekspor batu bara yang diprediksi ke negara-negara Asia khususnya Asia Tenggara," katanya, Kamis (27/9/2018).

Ia menuturkan perseroan telah mendapat penawaran yang bagus atas transaksi penjualan senilai USD12 juta. Rencananya akan dijual kepada PT Maritim Barito Perkasa.

Penjualan ini akan berdampak positif terhadap kegiatan operasional, di mana perseroan masih memiliki aset tiga unit FLF dan satu Floating Crane untuk pemindah muatan batu bara, sehingga bisa menambah utilisasi keempat aset tersebut.

Di samping satu unit kapal induk Handymax (Mother Vessel), 37 unit tugboat, dan 37 unit barge untuk jasa pengangkutan batu bara dengan rata-rata utilisasi di atas 90 persen.

Penjualan aset FLF bernama Ratu Barito ini telah disetujui pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 20 September 2018 lalu di Jakarta.  

"Perseroan tetap optimistis dapat mencapai target dobel digit growth dari 2017 setelah mencapai kinerja keuangan yang melesat signifikan di semester I 2018 dibandingkan semester I 2017 dengan naiknya laba bersih sebesar 2,859 persen," tuturnya.

PSSI adalah perusahaan jasa angkutan laut yang terkemuka di Indonesia selama 11 tahun terakhir untuk pengangkutan dan pemindah muatan batu bara terintegrasi yang menyediakan fasilitas kapal tunda dan kapal tongkang (tugs and barges), fasilitas muatan apung (Floating Loading Facility), fasilitas bongkar muat apung (Floating Crane), dan Mother Vessel handymax yang memberikan value added kepada para konsumen.

PSSI juga menjadi pelopor fasilitas muatan apung di mana seluruh operasi didukung oleh ISO Management System 9001:2015 Total Quality Management, ISO 14001:2015 Environmental Management System, serta OHSAS 18001:2007 Occupational Health and Safety Assessment Series.

Berita Terkait