Kamis, 20 September 2018 11:25 WITA

2019, Perekonomian Indonesia Diprediksi Tumbuh 5,2 Persen dan Sulsel 7,5 Persen

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
2019, Perekonomian Indonesia Diprediksi Tumbuh 5,2 Persen dan Sulsel 7,5 Persen
Entrepreneur Networking Forum, yang digelar PT BTPN Tbk, di Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Kamis (20/9/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara, memprediksi Indonesia akan mengalami pertumbuhan sekitar 5,2 persen pada 2019 nanti.

"Faktor utama yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional, yaitu sektor logistik, transportasi, konstruksi, dan perdagangan," kata Bhima saat menjadi pembicara dalam Entrepreneur Networking Forum, yang digelar PT BTPN Tbk, di Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Kamis (20/9/2018).

Sementara perekonomian Sulawesi Selatan, diproyeksi tumbuh sebesar 7,5 persen pada 2019. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan dalam lima tahun terakhir, selalu berada diatas rata-rata ekonomi nasional yang sebesar 5 persen (yoy).

"Ini menunjukkan bahwa daya tahan ekonomi Sulawesi Selatan cukup baik ditengah dinamika kondisi ekonomi domestik maupun global," ungkapnya.

Bhima menuturkan, faktor pendorong ekonomi di Sulawesi Selatan adalah sektor perkebunan khususnya cokelat, industri pengolahan, perdagangan dan konstruksi, termasuk real estate.

"Kuncinya adalah memperbesar porsi industri pengolahan berbasis sumber daya alam yang bernilai tambah dan penetrasi pasar domestik. Semakin besar produk bernilai tambah yang dihasilkan oleh Sulawesi Selatan, maka kekhawatiran fluktuasi harga komoditas tidak menjadi problem utama lagi," pungkasnya.