Sabtu, 15 September 2018 16:21 WITA

Ayo Upgrade Pengetahuan Soal Ekonomi dan Keuangan Syariah di PES 2018

Penulis: Nurhikmah
Editor: Abu Asyraf
Ayo Upgrade Pengetahuan Soal Ekonomi dan Keuangan Syariah di PES 2018
Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Sulsel, Kamaruddin Kammisi.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Bagi masyarakat Makassar yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan mengenai ekonomi syariah maupun keuangan syariah, Pekan Ekonomi Syariah (PES) 2018 tempatnya. Acara ini akan berlangsung hingga Minggu (16/9/2018) di Mal Ratu Indah. 

Kegiatan yang diinisiasi Bank Indonesia Sulsel ini mengumpulkan para pelaku usaha, utamanya di sektor ekonomi dan keuangan syariah dalam satu wadah. Ini memudahkan para pengunjung untuk memperoleh informasi dan manfaat seluas-luasnya. 

PES 2018 bertempat di atrium utama Mal Ratu Indah. BI menghadirkan bank-bank syariah, seperti Bank Mualamat, Bank Panin Dubai Syariah, Bank BTPN Syariah, hingga BPR Syariah. Seluruh bank sudah menghadirkan booth yang dapat dikunjungi. Ada tim yang siap memberikan informasi mengenai layanan funding maupun landing bagi pengunjung. 

"Tahun ini, PES lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat karena tidak seperti tahun lalu yang lebih mengutamakan funding seperti pembukaan rekening. Tahun ini lebih ke landing. Sekaligus membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh pembiayaan syariah," kata Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Sulsel, Kamaruddin Kammisi.

Bukan hanya itu, sejumlah pengusaha travel tidak kalah semangat memperkenalkan paket-paket wisata halal hingga wisata religi bagi umat muslim yang berminat untuk berlibur sekaligus melakukan perjalanan religius. Hadir pula sejumlah UMKM binaan para perbankan syariah yang telah merasakan manfaat pembiayaan dengan konsep Islami.

Direktur BI Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, bukan sekadar pameran, PES 2018 menjadi sebuah momentum penting untuk menumbuhkan optimisme seluruh stakeholders strategis dalam upaya mendorong arah kebijakan pemerintah untuk pemberdayaan ekonomi. Khususnya pada sektor kepariwisataan yang terkait dengan sektor-sektor lainnya.

PES juga hadir dalam bentuk seminar dan talkshow soal ekonomi syariah yang menghadirkan para pakar.  

Pada hari kedua, Sabtu (15/9/2018) hari ini, telah berlangsung talkshow enterprenuer muda yang menghadirkan Hipmi PT Makassar yang mengupas soal ekonomi syariah di mata generasi muda dan upaya mereka mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. 

Salah satu pengunjung PES 2018, Jamilah mengatakan, dengan kegiatan seperti ini,  pihaknya merasa mendapatkan informasi yang lebih dalam tentang ekonomi syariah. Apalagi kegiatan ini dikemas dengan lebih menarik dengan adanya kegiatan-kegiatan hiburan seperti lomba anak-anak yang lucu.

"Setidaknya sambil bawa anak jalan-jalan dan melihat-lihat pameran, saya sekaligus mengambil pelajaran dari talkshow-talkshow yang digelar atau bertanya langsung ke booth perbankan tentang kelebihan-kelebihan produknya," katanya.