Kamis, 06 September 2018 10:25 WITA

OJK Gelar Sosialisasi POJK tentang  Inovasi Keuangan Digital

Penulis: Nurhikmah
Editor: Andi Chaerul Fadli
OJK Gelar Sosialisasi POJK tentang  Inovasi Keuangan Digital

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Otoritas Jasa Keuangan menggelar Sosialisasi Peraturan Inovasi Keuangan Digital di Makassar. Kegiatan ini digelar di The Rinra Hotel dan diikuti oleh sejumlah dekan fakultas ekonomi dan mahasiswa ekonomi dari berbagai  kampus di Makassar. Kegiatan ini digelar selama dua hari, Kamis-Jumat (6-7/9/2018). 

Sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong seluruh pihak dalam pengembangan teknologi keuangan digital di wilayah Timur Indonesia. Juga menerobos hambatan pengembangan ekonomi skala kecil, serta mempermudah, mempercepat dan mengurangi biaya layanan keuangan ke masyarakat.

"Makanya OJK pada kesempatan sosialisasi POJK 13/2018 ini tidak hanya melakukan sosialisasi pengaturan tentang Inovasi Keuangan Digital, tetapi juga membawa para pebisnis digital yang memiliki visi pengembangan UMKM melalui keuangan digital," kata Kepala OJK Regoinal VI, Zulmi.

Dia menjelaskan, POJK Inovasi Keuangan Digital juga akan memberikan kepastian hukum inovasi keuangan yang berbasis teknologi. Sehingga akan menumbuh kembangkan inovasi di industri jasa keuangan serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Inovasi keuangan digital ini perlu didukung sekaligus dipantau dan dikendalikan agar bisa bersinergi dengan lembaga keuangan yang telah ada serta memberikan perlindungan maksimal kepada konsumen,” kata Zulmi.

OJK juga mengarahkan agar inovasi keuangan digital diawasi dengan prinsip market conduct, yang pelaksanaannya bekerjasama dengan asosiasi fintech yang diakui oleh OJK.