Rabu, 05 September 2018 17:14 WITA

Rupiah Kian Melemah, Danny Pomanto: Jangan Gunakan Dolar, Beli Produk Lokal

Editor: Nur Hidayat Said
Rupiah Kian Melemah, Danny Pomanto: Jangan Gunakan Dolar, Beli Produk Lokal
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kian melemah. Bahkan nilai tukarnya kini telah menembus Rp15.000 per dolar. 

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengimbau, agar masyarakat utamanya yang berada di Kota Makassar untuk tidak bertransaksi menggunakan dolar.

"Cara untuk mengatasi persoalan ini, yaitu jangan mengomsumsi mata uang asing. Semua transaksi harus dengan rupiah semua," kata Danny kepada Rakyatku.com, saat ditemui di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Rabu (5/9/2018).

Imbauan itu disampaikan Danny, mengingat pelemahan rupiah merupakan efek global, yang terjadi akibat menguatnya dolar Amerika Serikat selama kepemimpinan Presiden Donald John Trump.

Selain melarang penggunaan dolar, Danny juga meminta kepada warga agar untuk sementara waktu tidak membeli produk-produk buatan asing.

"Jangan dulu beli barang-barang asing. Misalnya barang-barang branded, yang uangnya pasti keluar. Cara terbaik saat ini, yaitu kita harus konsumsi semua barang lokal. Itu saja dulu," pungkasnya.