Kamis, 09 Agustus 2018 20:31 WITA

JNE Ajak Jurnalis dan Blogger Gali Potensi Bisnis Online yang Menjanjikan

Editor: Nur Hidayat Said
JNE Ajak Jurnalis dan Blogger Gali Potensi Bisnis Online yang Menjanjikan
JNE mengadakan acara Kopiwriting, sebuah talkshow interaktif bersama Kompasiana bertemakan "Bisnis Online yang Menjanjikan", di On20 Sky Lounge, Hotel Aston Makassar, Kamis (9/8/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. 

Tingginya pengguna internet di Indonesia tidak saja sebagai wadah komunikasi dan mencari informasi, tetapi sebagai bisnis online.

Karenanya potensi bisnis online, baik online shop, marketplace, maupun e-commerce di Indonesia sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata.

Masih berdasarkan data yang sama, bisnis online di Indonesia memiliki nilai bisnis mencapai USD 12 miliar. 

Demi menyambut hal positif ini, JNE sebagai perusahaan jasa kurir ekspres dan logistik yang telah menjalankan bisnisnya selama hampir 28 tahun di Indonesia, siap mendukung potensi dan peluang dari bisnis online yang sedang menjadi tren saat. 

JNE mengadakan acara Kopiwriting, sebuah talkshow interaktif bersama Kompasiana bertemakan "Bisnis Online yang Menjanjikan", di On20 Sky Lounge, Hotel Aston Makassar, Kamis (9/8/2018).

Direktur E-Business Kominfo, Azhar Hasyim, menjelaskan  besarnya nilai itu Indonesia berpeluang besar menjadi kekuatan ekonomi baru dunia di tahun 2020 nanti. Di Indonesia sendiri salah satu provinsi yang terus mengalami pertumbuhan ekonominya adalah Sulawesi Selatan. 

"Pada 2016 provinsi ini telah mengalami pertumbuhan sebesar 7,2 persen, dan paling signifikan disumbangkan dari Kota Makassar, yakni sebesar 5,4 persen," katanya.

Di Makassar juga, pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terlihat sangat menggeliat. Dinas Koperasi Kota Makassar mencatat, sejak 2016 hingga awal 2018 UMKM mencapai 16.428 dan tersebar di 15 Kecamatan Kota Makassar.

Head of Marketing Communication Division JNE Mayland Hendar Prasetyo, mengatakan pihaknya memiliki kapabilitas dalam bidang jasa kiriman dengan dukungan lebih dari 40.000 karyawan, 7.000 armada, serta lebih dari 6.000 titik layanan yang dimilikinya di seluruh Indonesia.

"JNE menjadi salah satu backbone pengiriman nasional yang menyediakan infrastruktur logistik untuk kebutuhan pengiriman last mile delivery, termasuk kiriman internasional," katanya.

Dia melanjutkan, dalam perkembangannya, JNE terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan setia, dengan melakukan inovasi di berbagai sektor, seperti infrastruktur, teknologi & informasi, dan SDM. 

"Selain itu JNE juga menjalin kerjasama strategis dengan e-commerce dan pihak-pihak lain, sehingga dapat turut berkontribusi dalam mendukung UKM dan perekonomian Indonesia," tuturnya.