Selasa, 07 Agustus 2018 18:12 WITA

Kualitas Menurun, Harga Cengkeh di Soppeng Anjlok

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kualitas Menurun, Harga Cengkeh di Soppeng Anjlok

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Saat ini sejumlah petani cengkeh di Soppeng memasuki musim panen. Sayangnya, pada musim panen ini harga cengkeh justru anjlok.

Bahkan petani cengkeh asal Kecamatan Marioriawa, Sartono, mengungkapkan bahwa harga cengkeh miliknya hanya bernilai 80 ribu per kilogram.

"Harga cengkeh saat ini hanya sekitar Rp80 ribu per kilo, padahal sebelumnya sekitar sebulan lalu, harga cengkeh di Soppeng pernah mencapai Rp105 ribu perkilonya," ungkapnya, Selasa (07/08/2018).

Santoso menambahkan, apabila cengkeh tersebut dijual kepada pengumpul harganya bisa lebih turun lagi, yakni hanya senilai Rp70 ribu per kilogram.

"Harga cengkeh mentah saat ini juga turun, kalau dijual cuma Rp12 ribu per liter, yang dulunya Rp16 ribu per liter," jelasnya.

Anjloknya harga cengkeh tersebut diperkirakan karena intensitas hujan yang mengguyur kabupaten Soppeng beberapa waktu lalu. Hal ini membuat petani cengkeh kesulitan menjemur cengkehnya sehingga kualitasnya juga menurun.

Beberapa pengeluaran tambahan juga harus dikeluarkan oleh pemilik cengkeh, salah satunya gaji pemetik cengkeh sebesar  Rp3 ribu sampai Rp5 ribu per liter.

Tags