Sabtu, 04 Agustus 2018 16:34 WITA

5 Penyebab Utama Tagihan PDAM Semakin Mahal

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
5 Penyebab Utama Tagihan PDAM Semakin Mahal
Sumber: Shutterstock

RAKYATKU.COM - Air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama rumah tangga. Untuk itu, masyarakat rutin berlangganan layanan PDAM demi mendapatkan asupan air bersih setiap harinya. 

Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan terkait layanan PDAM adalah semakin mahalnya nilai tagihan setiap bulan. Dalam beberapa kasus, tak sedikit pelanggan kaget mendapati tagihan PDAM tiba-tiba naik drastis dibanding bulan sebelumnya.
Sebelum menuduh berbagai pihak atas kendala ini, ada baiknya pelanggan memahami dulu beberapa penyebab tagihan PDAM melonjak. Berikut adalah 5 faktor utama yang tanpa disadari menyebabkan tagihan melonjak:

1. Kebiasaan membuka keran

Sumber: Shutterstock

Kebiasaan paling umum yang terjadi adalah orang sering kali membiarkan keran terbuka sehingga air terbuang percuma. Padahal, satu menit membiarkan keran terbuka ternyata setara dengan membuang 6 liter air.

Untuk mengatasinya, Anda perlu membiasakan diri mematikan keran saat tidak digunakan. Usahakan agar selalu mematikan keran sebelum air bak mandi luber. Selain itu, kurangi kebiasaan menyalakan keran saat menggosok gigi ataupun bercukur, serta nyalakan keran hanya saat membilas.

Penghematan juga dapat dilakukan dengan penggunaan aerator keran atau pancuran hemat air. Teknologi ini dapat membantu Anda untuk menghemat penggunaan air sebanyak 50% – 65% dibandingkan keran biasa.

2. Terlalu sering mencuci

Sumber: Shutterstock

Dengan dalih ingin selalu bersih, seseorang bisa sangat rajin mencuci baju atau kendaraan hingga hampir setiap hari. Padahal, kebiasaan ini bisa membuang air hingga 100 liter lebih per harinya.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengurangi intensitas dengan hanya mencuci pada saat kondisi barang sudah sangat kotor serta menggunakan sabun berformula sekali bilas agar air tidak terbuang percuma. Anda juga bisa menyiasati dengan mencuci baju banyak sekaligus menggunakan mesin cuci inverter.

Penggunaan sabun ramah lingkungan juga bermanfaat agar air bekas cucian dapat digunakan kembali untuk menyiram tanaman atau membersihkan perlengkapan lain. Dengan begitu, penggunaan air jadi lebih efektif bukan?

3. Kebocoran tak terdeteksi 

Sumber: Shitterstock

Pada beberapa kasus, tagihan PDAM bisa membengkak karena adanya kebocoran yang tidak terdeteksi. Kebocoran ini bisa terjadi di mana saja, mulai dari keran wastafel, kamar mandi, WC, hingga pipa saluran. Jika didiamkan, kebocoran sehalus apa pun bisa membuang-buang air bersih hingga puluhan liter dalam satu hari.

Jadi, biasakan untuk selalu mengecek saluran air di rumah. Saat mencurigai adanya kebocoran yang tidak terlihat, coba pastikan dengan menutup semua keran air yang ada, lalu perhatikan meteran PDAM. Apabila jarum di dalamnya masih berputar, maka kemungkinan besar Anda mengalami kebocoran yang tidak disadari.

Semakin kencang putaran, artinya kebocoran semakin besar atau banyak. Segera temukan asal kebocoran dan lakukan perbaikan, baik secara mandiri ataupun dengan memanggil ahlinya.

4. Terlambat membayar tagihan

Sumber: Shitterstock

Selain dari penggunaan, pembengkakan tagihan PDAM juga kerap disebabkan oleh kelalaian pelanggan dalam melakukan pembayaran. Batas pembayaran tagihan PDAM adalah tanggal 20 setiap bulannya. Jika melewati waktu tersebut, pelanggan akan terkena denda dengan besaran tertentu. Semakin besar tagihan, maka dendanya akan lebih tinggi. Begitu pula jika pembayaran terus ditunda.

Untungnya, saat ini pelanggan bisa dengan mudah membayar tagihan PDAM sebelum jatuh tempo. Sebab, pembayaran bisa dilakukan secara online melalui beberapa penyedia terpercaya seperti Traveloka.

Traveloka memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan layanan pembayaran PDAM langsung melalui website serta aplikasi. Melalui produk Tagihan & Isi Ulang, pengguna dapat membayar tagihan kapan saja, di mana saja, secara cepat, mudah, dan aman. Selain itu, terdapat pula berbagai promo potongan harga ataupun bebas biaya admin untuk membantu Anda menghemat biaya pembayaran.

5. Kerusakan dari PDAM

Sumber: Shutterstock

Apabila setelah mengantisipasi hal di atas tagihan PDAM masih membengkak, maka permasalahan bisa jadi ada pada pihak PDAM. Umumnya, masalah terjadi karena meteran air sudah rusak, kebocoran pada pipa utama PDAM, dan kesalahan pencatatan data meteran.

Apabila Anda mencurigai hal ini, silakan menyampaikan laporan ke pihak PDAM. Laporan bisa disampaikan langsung ke petugas yang datang saat pencatatan meteran, melalui telepon, e-mail, atau datang ke kantor PDAM terdekat. Nantinya, PDAM akan melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan. Sebaiknya, Anda melakukan laporan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran jika terjadi kendala.

Itulah 5 hal yang bisa menjadi penyebab utama tagihan PDAM bertambah mahal. Pastikan untuk menemukan sumber masalahnya terlebih dahulu. Jika terjadi kerusakan dari PDAM, Anda bisa langsung menghubungi layanan resminya. Namun, jika faktornya berasal dari kebiasaan seperti lupa menutup keran atau telat membayar tagihan, Anda bisa berusaha menerapkan solusi seperti di atas.