Jumat, 27 Juli 2018 00:07 WITA

Tingkatkan Kualitas, UMKM Mesti Perbanyak Jaringan Kerja Sama

Editor: Nur Hidayat Said
Tingkatkan Kualitas, UMKM Mesti Perbanyak Jaringan Kerja Sama

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah satu upaya memacu kualitas UMKM adalah kemitraan. Banyak cara agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa naik kelas, salah satunya dengan memiliki jaringan kerja atau kemitraan yang sangat luas.

Hal itu diungkapkan oleh konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel, Bahrul ulum Ilham, saat kegiatan peningkatan dan pengembangan jaringan kerja sama UKM angkatan III di Ramedo hotel, Makassar, Kamis (26/7/2018).

"Pelaku UMKM harus sadar bahwa dunia telah berubah, kini eranya sharing ekonomi, suatu kenyataan bahwa tidak ada satu entitas atau organisasi yang mampu berdiri sendiri terpisah dari entitas yang lain. Kita sangat membutuhkan networking untuk menggapai sukses," terangnya.

Kepala Seksi Pemasaran dan Pengembangan UKM Dinas Koperasi Makassar, Tarbiany, menuturkan kegiatan ini diharapkan dapat memacu kualitas UMKM. Menumbuhkembangkan UMKM menjadi lebih tangguh dan mandiri, inovatif, serta memiliki daya saing yang tinggi, kuat dalam menghadapai segala terpaan krisis, dengan adanya jaringan kemitraan.

"Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha kecil untuk membangun kerja sama sama, networking dengan sesama UMKM maupun perusahaan besar," ujarnya.

Kegiatan ini digelar selama dua hari, 25–26 Juli 2018. Dihadiri puluhan peserta UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar.