Selasa, 28 Juni 2016 08:57 WITA

OJK Segera Godok Aturan Baru Permudah Investasi

Penulis: Nurhikmah
Editor: Jumardin Akas
OJK Segera Godok Aturan Baru Permudah Investasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Semester II 2016 diharapkan menjadi lembaran baru bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Utamanya di bidang investasi. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku salah satu penentu regulasi di bidang jasa keuangan bakal menggodok sejumlah regulasi baru di 2016 untuk meningkatkan literasi, minat investasi masyarakat, dan memberikan akses kemudahan investasi masyarakat.

Semester II 2016 mendatang, setidaknya ada dua aturan utama yang diolah OJK untuk kepentingan kemudahan investasi. Pertama tentang regulasi pasar saham. 
beberapa regulasi yang akan diterbitkan pada semester berkaitan dengan perdagangan efek adalah sebagai berikut,

RPOJK tentang Agen Perantara Pedagang Efek (APPE), RPOJK tentang Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu, RPOJK tentang Laporan Tahunan Emiten dan Perusahaan Publik, RPOJK tentang Dana Investasi Real Estate Syariah Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif. Selain itu ada pula RPOJK tentang Direksi dan Dewan Komisaris Bursa Efek, RPOJK tentang Direksi dan Dewan Lembaga Kliring dan Penjaminan, dan terakhir  RPOJK tentang Direksi dan Dewan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian.

Sedangkan yang kedua adalah upaya OJK dalam mempercepat serapan tax amnesty yang rencananya akan mulai berlaku usai Libur Lebaran ada dua yaitu,  pertama adalah pengelolaan dana (KPD) dengan relaksasi regulasi berupa penurunan besarnya nilai investasi untuk setiap pemodal dari Rp10 miliar menjadi Rp5 miliar.

Loading...

Sedangkan kebijakan yang kedua adalah mengenai reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) dengan relaksasi regulasi berupa dihapuskannya kewajiban adanya perusahaan sasaran pada saat pencatatan RDPT


 

Tags
Loading...
Loading...