Rabu, 11 Juli 2018 20:53 WITA

Dicanangkan Tahun 2017, PLN Tunda Proyek Pengembangan Mini LNG

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Dicanangkan Tahun 2017, PLN Tunda Proyek Pengembangan Mini LNG

RAKYATKU.COM - Direktur Pengadaan PLN, Supangkat Iwan Santoso mengatakan, pengembangan 10 mini  Liquifed Natural Gas (LNG) yang dicanangkan pada tahun 2017 lalu itu ditunda. 

Ia menjelaskan, untuk lelang mini LNG seharusnya dimulai pada akhir 2017 lalu. Hanya saja, sejauh ini, ada di daerah-daerah yang menjadi lokasi pengembangan mini LNG telah tergantikan oleh pembangkit energi baru terbarukan.

"Ada beberapa pengembangan mini LNG yang diganti dengan renewable energy. Jadi suplai LNG-nya akan turun jauh, demand-nya turun jauh juga. Pasti biayanya juga berubah," jelasnya yang dikutip dari Kontan, Rabu (11/7/2018).

Adapun fasilitas 10 mini LNG yang dimaksud, diantaranya MGU Kasel Peaker, Kalimantan berkapasitas 200 MW, Sulsel Peaker, Sulawesi 450 MW, Makasar Peaker, Sulawesi 200 MW, Sumbawa, Nusa Tenggara 50 MW, Waingapu, Nusa Tenggara 10 MW. Lalu, Bima, Nusa Tenggara 50 MW, MPP Flores, Nusa Tenggara 20 MW, Maumere, Nusa Tenggara 40 MW, Kupang Peaker, Nusa Tenggara 40 MW dan MPP Lombok 50 MW.

Dalam penawaran lelang 10 mini LNG itu, hanya konsorsium dari PT Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan Engie yang memberikan penawaran kepada PLN. 

Iwan menambahkan, perubahan pengembangan proyek ini sudah dibicarakan oleh konsorsium itu. 

“Sedang dibicarakan, karena memang berpengaruh sama keekonomian proyek. Kalau suplai demand-nya cukup besar kan ngaruh banget,” ujarnya.

Adapun alasan lain pengembangan mini LNG ini ditunda lantaran harga minyak yang saat ini sudah naik. Pada awal proyek ini dikonsepkan, harga minyak atau Indonesian Crude Price (ICP) masih dikisaran US$ 47 per barel. Sedangkan, saat ini, sudah mencapai US$ 70-an per barel.

Padahal, harga gas yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri ESDM (Permen) No. 45/2017 tentang Pemanfaatan Gas Bumi Untuk Pembangkit Listrik sebesar 14,5% dari harga ICP. 

“Jadi Kami sudah sampaikan kepada pak Menteri mengenai harga gas ini. Dan mengkaji pengembangan mini LNG ini,” ujarnya.

Tags