Selasa, 10 Juli 2018 19:23 WITA

Menkeu Sri Mulyani Optimistis Penerimaan Negara Lampaui Target 2018

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Menkeu Sri Mulyani Optimistis Penerimaan Negara Lampaui Target 2018
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati. Int.

RAKYATKU.COM - Meningkatnya pendapatan negara membuat defisit anggaran rendah. Hal ini yang menjadi alasan utama pemerintah tidak mengajukan APBN Perubahan (APBN-P) ke DPR.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, dengan kalkulasi faktor-faktor yang dihadapi saat ini, salah satunya kurs rupiah di semester kedua, pendapatan negara dalam APBN 2018 bisa mencapai 100% dari target. 

"Atau ada Rp8 triliun yang lebih tinggi yang berasal dari kombinasi PNBP (penerimaan negara bukan pajak) dan pajak," ujarnya yang dikutip dari Kontan, Selasa (10/7/2018).

Jika penerimaan negara tahun ini kelebihan Rp8 triliun, maka total realisasinya akan mencapai Rp 1.902,7 triliun. Sayangnya, Ia enggan untuk memberikan rincian masing-masing outlook PNBP dan penerimaan pajak akhir tahun, dengan alasan akan mengganggu elemen surprise dari laporan semester pihaknya.

Rencananya, Kemkeu akan menyerahkan laporan semester pertama ke DPR pada 13 Juli mendatang. Sri Mulyani mengatakan, tidak hanya realisasi APBN semester pertama 2018, laporan tersebut juga mencakup kajian terhadap keseluruhan APBN 2018.