Sabtu, 07 Juli 2018 09:44 WITA

Garuda Indonesia Optimis Catat Laba di Kuartal III

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Garuda Indonesia Optimis Catat Laba di Kuartal III

RAKYATKU.COM -  Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Nugraha Mansyuri, mengatakan, pihaknya optimis akan mencatat laba pada kuartal III dan IV. 

Dengan harapan secara full year kinerja perusahaan akan positif dan break even. Sayang dirinya belum membeberkan berapa target pertumbuhannya.

Garuda Indonesia optimis pada kuartal III dan IV, karena setiap tahunnya akan menjadi periode peak season yang akan berdampak pada industri aviasi.

“Kalau lihat angka-angka yang ada, kelihatannya pada kuartal III ini kami akan profit. Tadi saya bilang break even itu untuk satu tahun penuh,” ujarnya yang dikutip dari Kontan, Sabtu (7/7/2018).

Dirinya mempredikasi kuartal III dan IV bottom line membaik mencermatik historikal yang ada dimana industri aviasi selalu meningkat di semester kedua. Saat ini saja, untuk Bandara Soekarno-Hatta pada awal kuartal III sudah tercatat load factor baik untuk kedatangan dan keberangkatan mencapai 90%.

“Tentu ini kesempatan buat kami, dalam kesempatan mencari yang ini kami dapat dukungan dari semua karyawan khususnya pihak Sekarga dan APG, (proyeksi) laba year on year,” ujar Pahala,

Selain itu, pihak Garuda juga berencana meningkatkan utilisasi pesawat dari 9 jam 45 menit saat ini menjadi 10 jam. Untuk itu, pihak Garuda telah melakukan budgeting dan planning anggaran dan diharapkan bisa break even pada tahun ini kendati banyak tantangan yang harus dihadapi.

“Kami harap bisa kembali break even walaupun kondisi market saat ini, dimana depresiasi rupiah dan kenaikan harga BBM tentunya menjadi salah satu hal yang perlu kami cermati. Mumpung masih bulan Juli kami juga lihat bagaimana bisa on track dan kembali break even tahun ini,” kata Pahala.