Jumat, 06 Juli 2018 15:31 WITA

Hingga Mei, Premi Asuransi Jiwa Tumbuh Hingga 31,2 Persen

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Hingga Mei, Premi Asuransi Jiwa Tumbuh Hingga 31,2 Persen
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat perolehan premi industri asuransi jiwa mencapai Rp81,13 triliun hingga Mei 2018. Jumlah ini naik 31,19% jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2017 lalu.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai, pertumbuhan premi asuransi jiwa terus tumbuh setiap tahun. Adapun pertambahan jumlah premi tersebut, disebabkan jumlah pertanggungan yang juga naik.

“Kalau kenaikan premi itu sudah pasti. Pertambahan premi ini karena ada pertanggungan baru dan juga pertanggungan lama yang tetap renewal,” kata Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim yang dikutip dari Kontan, Jumat (6/7/2018).

Selain peroleh premi yang naik, penurunan pembayaran klaim dan manfaat juga menyumbang kontribusi terhadap bisnis asuransi jiwa yang terus moncer di tahun ini. Seperti yang dirilis OJK, bahwa tren pembayaran klaim dan manfaat asuransi jiwa menurun 20,28% secara tahunan menjadi Rp 29,16 triliun.

Menurutnya, penurunan tersebut menunjukkan masyarakat makin sadar untuk menggunakan dan mempertahankan polis asuransi jiwa. Sebagian besar pembayaran klaim untuk jenis klaim jatuh tempo (maturity claim) dan klaim nilai tebus (surrender).

“Ini adalah bagian yang bagus untuk industri, dan tampaknya klaim itu menurun dibandingan periode sebelumnya,” tutupnya.

Tags