Rabu, 04 Juli 2018 19:39 WITA

Kemenkeu Reformulasi Komposisi Gaji ke-13 dan THR Pegawai

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kemenkeu Reformulasi Komposisi Gaji ke-13 dan THR Pegawai

RAKYATKU.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mereformulasi komposisi gaji ke 13 dan THR Pegawai Negeri Sipil (PNS) daerah. 

Hal ini dilakukan menghindari polemik di daerah terkait pemberian gaji ke-13 dan 14 atau tunjangan hari raya (THR), seperti yang terjadi di tahun 2018 ini terulang di tahun 2019.

Salah satu masalah yang disebut adalah terkait ketimpangan di setiap daerah yang mencakup gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan masing-masing PNS.

"Kami akan melakukan reformulasi komposisi gaji ke-13 dan THR karena kemarin daerah satu dan lainnya terdapat banyak perbedaan, maka kami akan buat yang lebih komperhensif," ujar Astera Primanto Bhakti, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemkeu yang dikutip dari Kontan, Rabu (4/7/2018).

Kemkeu juga bakal menyempurnakan formulasi Dana Alokasi Umum (DAU) dan mengevaluasi bobot gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) daerah serta celah fiskal. Diharapkan, formula gaji ke-13 dan THR pada tahun depan bisa menunjang aspek pemerataan pendapatan.

Sebelumnya, beberapa pemerintah daerah keberatan dengan kebijakan tersebut dengan alasan tidak memiliki anggaran yang cukup.