Rabu, 27 Juni 2018 20:09 WITA

Masih Tertekan, Rupiah Sulit Menguat

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Masih Tertekan, Rupiah Sulit Menguat
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Nilai tukar rupiah di pasar spot pada perdagangan Selasa (26/6) melemah 0,14% ke level Rp14.179 per dollar AS. Kurs tengah rupiah di Bank Indonesia juga melemah 0,41% menjadi Rp14.163 per dollar AS.

Melihat kondisinya yang masih tertekan, pergerakan rupiah diperkirakan masih sulit menguat. Investor masih menunggu hasil keputusan suku bunga acuan dalam rapat Bank Indonesia (BI) pada 28-29 Juni.

Hari ini, pasar rupiah libur karena ada pelaksanaan pilkada serentak di Indonesia.

Menurut Analis Global Kapital Investama, Nizar Helmy, rupiah diperkirakan masih sulit menguat meski adanya intervensi dari BI. 

"Tekanan dari dollar AS terlalu kuat, sehingga rupiah sulit untuk menguat," ungkapnya, yang dikutip dari kontan, Rabu (27/6/2018).

Meskipun ada kemungkinan bagi rupiah menguat jika BI menaikkan suku buka pekan ini, namun menurutnya harus ada tindakan lain. Karena penguatan rupiah dinilainya tidak bisa hanya mengandalkan kenaikan suku bunga.

Selain itu, pelemahan rupiah juga tidak terlepas dari efek rencana kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika (The Federal) yang masih akan menaikkan suku bunga dua kali lagi. Ia berpendapat, banyak investor yang mencari aman dengan lari ke dollar AS.

Nizar memperkirakan, besok (28/6), rupiah akan bergerak di rentang Rp 14.100 hingga Rp 14.200 per dollar AS.

Tags