Selasa, 26 Juni 2018 18:52 WITA

Pasar Otomotif Sulsel Terkontraksi 9%, Penjualan Daihatsu Tetap Tumbuh

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pasar Otomotif Sulsel Terkontraksi 9%, Penjualan Daihatsu Tetap Tumbuh

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjualan unit mobil di Sulsel selama empat bulan pertama 2018 mengalami penurunan hingga 9 persen. Angkat tersebut diperoleh dari data Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sulawesi Selatan. 

Berdasarkan data Polreg, penjualan mobil Sulsel di tahun 2018 berada di angka rata-rata 2.621 unit per bulan. Angka ini menurun dari penjualan 2017 lalu, yang mencapai rata-rata 2.878 per bulan.

Kendati terjadi penurunan penjualan secara umum, namun khusus brand Daihatsu, justru terjadi peningkatan penjualan sebesar 5 persen. yaitu dari rata-rata 734 unit per bulan pada 2017 lalu menjadi 774 unit per bulan di 2018. 

"Meskipun sebenarnya kami mengharapkan pertumbuhan yang lebih dari itu, tapi kami tetap bersyukur. Secara market turun 9 persen dan kami masih bisa tumbuh," ungkap Kepala Cabang Daihatsu Urip Sumoharjo, Dodik Priambodo.

Dodik mengatakan, kontraksi tersebut tidak lepas dari sejumlah tantangan dan kondisi politik yang dihadapi Sulsel saat ini.

"Salah satunya adalah pilkada serentak, selain itu beberapa kebijakan pemerintah juga ikut memengaruhi mayarakat untuk lebih wait and see," katanya.