Sabtu, 23 Juni 2018 14:48 WITA

1 Juli, Pertamina Jual LPG Kemasan 3kg Non Subsidi

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
1 Juli, Pertamina Jual LPG Kemasan 3kg Non Subsidi

RAKYATKU.COM - Per 1 Juli 2018 mendatang, PT Pertamina (Persero) mulai menjual LPG 3 kilogram versi non subsidi. 

hal ini dilakukan Pertamina menyusul permintaan LPG kemasan 3kg yang signifikan dari pasar, terutama konsumen yang tidak membutuhkan LPG berukuran besar seperti 12 kilogram.

"Per 1 Juli mulai dijual. Itu dijual saja karena demand-nya ada, tapi tidak subsidi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, yang dikutip dari Kompas, Sabtu (23/6/2018).

Namun, terkait harga, pihak Petamina belum memastikan harga yang akan dilempar ke pasaran. Salah satu pangsa pasar produk ini yaitu mereka yang tinggal di apartemen atau secara umum konsumen yang lebih cocok menggunakan LPG 3 kilogram, menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-harinya. 

Dia menyebut, penjualan LPG 3 kilogram ini nantinya akan sama dengan penjualan produk non subsidi lainnya, seperti LPG 12 kilogram, sehingga tidak ada wilayah khusus untuk pemasarannya. 

"Belum tahu (harganya)," kata Nicke. 

Adapun pembeda tabung LPG 3 kg subsidi dan non subsidi adalah tulisan "Khusus Masyarakat Miskin" pada kemasan LPG bersubsidi.

"Nenteng-nenteng itu, malu juga kan. Itu salah satu cara pengawasannya," ujar Nicke. 

Pihaknya kini masih menghitung seberapa besar volume penjualan LPG 3 kilogram untuk tahap awal, Juli mendatang. Nicke berharap, produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat kelompok mampu yang selama ini lebih cocok menggunakan LPG ukuran 3kg.