Sabtu, 23 Juni 2018 14:01 WITA

Kemkop Dorong Koperasi Lepas Bisnis Sampingan Jadi Anak Usaha

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kemkop Dorong Koperasi Lepas Bisnis Sampingan Jadi Anak Usaha
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Kementerian Koperasi dan UKM mendorong agar bisnis sampingan koperasi dilepas untuk berdiri sendiri menjadi anak usaha atau spin off. 

Dengan melepaskan anak usaha tersebut, diharapkan dapat Setelah bisa lebih berkembang dan memberi keuntungan bagi koperasi. 

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring dengan begitu, manfaat bagi koperasi lebih besar. 

Salah satu koperasi yang telah melakukan spin off adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Keling Kumang di Pontianak. Anggota koperasi tersebut ada yang berkecimpung di perkebunan dan membuat anak perusahaan berbentuk PT untuk mengelola perusahaan perkebunan. Dengan jumlah anggota mencapai 10.000 orang.

“Padahal dengan 10.000, anggotanya itu banyak sekali kegiatan ekonomi yang sebetunya captive bagi koperasi ini. KSP punya hak untuk melayani seluruh kebutuhan ekonomi anggota itu,” imbuh Meliadi.

Tak hanya perkebunan, KSP juga bisa mengembangkan anak usaha lain seperti sekolah dan bidang perhotelan. Lalu, semua itu bisa dikelola oleh koperasi yang benefitnya akan lebih banyak lagi diperoleh para anggotanya.

Dia bilang, koperasi di luar negeri pun sudah seperti itu. Sebut saja Ace Hardware yang merupakan koperasi para tukang yang menjadi koperasi ritel terbesar dunia.