Kamis, 21 Juni 2018 16:38 WITA

Dolar AS Tembus Rp 14.100, BI Bakal Naikkan Suku Bunga

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Dolar AS Tembus Rp 14.100, BI Bakal Naikkan Suku Bunga
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) semakin melemah hingga ke level Rp 14.100 siang ini.

Mengutip data perdagangan Reuters pada Kamis 21 Juni 2018, dolar AS siang ini bergerak di Rp14.106, menguat dibandingkan posisi pembukaan pagi tadi di Rp14.070. Padahal, sebelum lebaran, dolar AS masih bertahan di level Rp 13.800 - Rp 13.900

Terkait hal itu, Bank Indonesia (BI) diprediksi akan kembali menaikkan suku bunga acuan atau 7 Days Reverse Repo Rate dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang akan digelar bulan ini. 

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo memastikan, BI akan melakukan langkah antisipasi meredam gejolak nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akibat kenaikan suku bunga The Fed. Salah satunya menaikkan suku bunga acuan yang disertai relaksasi kebijakan loan to value (LTV) untuk mendorong sektor perumahan. 

"Kebijakan lanjutan tersebut dapat berupa kenaikan suku bunga yang disertai dengan relaksasi kebijakan LTV untuk mendorong sektor perumahan. Selain itu, kebijakan intervensi ganda, likuiditas longgar, dan komunikasi yang intensif tetap dilanjutkan," ujar Perry, yang dikutip dari Kumparan.