Kamis, 21 Juni 2018 11:38 WITA

Dirut BEI: Suku Bunga Musuh Terbesar Pelaku Pasar Modal

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Dirut BEI: Suku Bunga Musuh Terbesar Pelaku Pasar Modal
Sumber Foto: Antara

RAKYATKU.COM - Direktur Utama BEI, Tito Sulistio menilai anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI merupakan dampak dari sentimen kemungkinan adanya strategi dari suku bunga Federal Reserve (The Fed) untuk menaikkan suku bunga. Yang kemudian diikuti kemungkinan Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga kembali dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI nanti.

IHSG anjlok hingga 1,83% ke level 5.884. IHSG bergerak di kisaran level 5.834 hingga 5.974 pada hari perdana perdagangan di Bursa Efek Indonesia pasca libur panjang Idul Fitri.

"Jujur saja sebagai pelaku pasar modal, saya bisa katakan bahwa suku bunga merupakan salah satu musuh terbesar," kata Tito, yang dikutip dari Kontan, Kamis (21/6/2018).

Selain itu, libur yang terlalu panjang menjadi salah satu sentimen pula dengan akumulasi sentimen-sentimen negatif selama sepekan sehingga pasar mencatat penurunan yang signifikan.

Hanya, Tito mencatat bahwa beberapa hal layak diperhatikan oleh investor lantaran secara fundamental, perusahaan yang ada di Indonesia saat ini cenderung masih kuat. Investor masih mencatatkan kenaikan dan frekuensi pasar modal juga masih menunjukkan pertumbuhan bahkan yang paling tinggi di ASEAN.