Rabu, 20 Juni 2018 13:32 WITA

Trafik Data XL Axiata Melonjak Hingga 95% Selama Lebaran

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Trafik Data XL Axiata Melonjak Hingga 95% Selama Lebaran
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Trafik penggunaan layanan data PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalami lonjakan signifikan selama libur Lebaran Idul Fitri ini. 

Bahkan trafik data selama lebaran kali ini jauh melampaui penggunaan layanan data pada tahun sebelumnya. Tercatat, terjadi lonjakan trafik data hingga 30% jika dibandingkan dengan hari biasa, sementara jika dibandingkan dengan tahun lalu mencapai 95%. Pengguna layanan 4G juga ikut naik hingga 45%.

"Lebaran memang selalu menjadi momen yang krusial bagi kami sebagai penyedia data dan telekomunikasi. Prioritas utama kami adalah memastikan kenyamanan pelanggan," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, yang dikutip dari Kontan, Rabu (20/6/2018)

Menurut Yessie, kenaikan trafik data di Lebaran kali ini sebagai bentuk kelanjutan tren kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir. Masyarakat juga dianggap semakin nyaman menggunakan data untuk mendukung berbagai aktivitas yang dilakukan selama libur Lebaran.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi oleh trafik pengguna data streaming (video dan musik) yang mencapai 47%. Semakin meningkatnya kualitas dan perluasan jaringan data 4G dan LTE membuat semakin banyak yang mengakses layanan streaming.

Saat Lebaran kemarin, EXCL tidak hanya memastikan kenyamanan pelanggan dijalur mudik saja namun juga di tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, stasiun bus, dan rest area.