Jumat, 15 Juni 2018 22:25 WITA

Manfaat FTA Center Kemendag Bagi Pelaku Ekspor Impor Sulsel

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Manfaat FTA Center Kemendag Bagi Pelaku Ekspor Impor Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Untuk memanfaatkan perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Aggrement) secara lebih optimal, Kementerian Perdagangan (Kemendag) meluncurkan FTA Center.

Layanan ini merupakan pusat informasi bagi masyarakat serta memberikan layanan konsultasi, edukasi dan advokasi khususnya untuk pelaku usaha yang ingin mempersiapkan diri di era perdagangan bebas.

FTA Center Kemendag merupakan pusat informasi bagi masyarakat agar dapat memanfaatkan FTA atau perjanjian perdagangan bebas dengan optimal. FTA Center Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang berada di lima kota salah satunya di Makassar. Di Makassar, Kementerian Perdagangan menggandeng Fakultas Ekonomi dam Bisnis Unhas sebagai penyedia Tenaga Ahli.

FTA Center sendiri memiliki tiga tujuan utama yakni meningkatkan kemudahan ekspor dan fasilitasi perdagangan, memacu pemanfaatan skema kerja sama perdagangan internasional.

Terakhir yakni mendorong para pengusaha untuk ekspor dan mencetak para eksportir baru. Untuk mencapai tujuan tersebut, FTA Center Kemendag akan melakukan kegiatan edukasi/sosialisasi, konsultasi dan advokasi pemanfaatan hasil perundingan perdagangan internasional kepada para pelaku usaha. Pelayanan ini tidak dipungut biaya. 

Terkait jasa edukasi dan sosialisasi, FTA Center Kemendag akan menggelar berbagai kegiatan peningkatkan kapabilitas (capacity building) pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu bersaing di pasar global. 

"Kegiatan ini ditujukan terutama kepada pelaku UMKM yang berorientasi ekspor. Kegiatan diberikan dalam bentuk pelatihan, coaching clinics, dan sosialisasi yang diselenggarakan sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain," ungkap Abdullah Sanusi Tenaga Ahli Strategi dan Promosi Pemasaran FTA Makassar saat berkunjung ke Redaksi Rakyatku.com, beberapa waktu lalu.

Dia melanjutkan, kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai kegiatan ekspor, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing para peserta. FTA Center Kemendag menargetkan akan lahir eksportir baru yang dapar memperluas jumlah eksportir di Indonesia dan meningkatkan kelas usaha UMKM. Sementara itu terkait jasa konsultasi, FTA Center Kemendag akan membantu para pelaku usaha mengatur rencana perusahaan dalam proses ekspor. 

Konsultasi termasuk untuk menggunakan Surat Keterangan Asal (SKA), akses pembiayaan, prosedur ekspor, serta strategi promosi dan pemasaran ke luar negeri. Layanan konsultasi dipercaya dapat meningkatkan dan memaksimalkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, meminimalisasi risiko dan ketidakpastian, serta meningkatkan potensi kelancaran ekspor dengan orientasi pada peningkatan laba perusahaan.

Di sisi lain terkait jasa advokasi, FTA Center Kemendag akan memberikan bantuan kepada pelaku usaha terkait permasalahan atau hambatan yang mereka hadapi dalam memanfaatkan perjanjian perdagangan internasional/FTA.