Rabu, 06 Juni 2018 09:57 WITA

Jelang Lebaran, Ini Titik-Titik Penukaran Uang Kecil di Sulsel

Editor: Nur Hidayat Said
Jelang Lebaran, Ini Titik-Titik Penukaran Uang Kecil di Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ini bagi Anda yang berencana mudik dan membawa serta pecahan uang kecil untuk angpao bagi keluarga. Bank Indonesia sudah menyiapkan 30 titik penukaran uang tunai di Sulawesi Selatan, yang bisa dikunjungi.

Beberapa tempat yang disiapkan tersebut antara lain:

Lapangan Karebosi

Layanan tukar uang terpadu di Lapangan Karebosi ini sudah dibuka mulai 22 Mei hingga 8 Juni 2018 mendatang atau sepekan sebelum Lebaran Idulfitri. Di pusat pemukaran uang terpadu ini menggandeng 30 perbankan di dalamnya dan dibuka Senin-Jumat.

Kantor-kantor Perbankan

Ada 38 titik lokasi di sejumlah kantor perbankan di Sulawesi Selatan yang dibuka untuk melayani penukaran uang kecil.

Bank-bank tersebut seperti BRI, Mandiri, BNI, BCA, Bank Sulselbar, Sinarmas, Bank Mega, Bank BTN, Panin Bank, serta bank-bank lainnya.

Kas Keliling

Bank Indonesia (BI) juga mengoperasikan mobil kas keliling. Mobil-mobil kas keliling tersebut akan parkir di kompleks Perumahan Bank Indonesia di Jl Sultan Alauddin, serta pusat-pusat keramaian seperti pasar tradisional.

Kas Titipan di Daerah

Layanan tersebut juga tersedia di kantor-kantor perbankan di tiga daerah yakni Palopo, Parepare, Bulukumba dan Bone.

Di daerah tersebut, bank yang ditunjuk sebagai tempat kas titipan Bank Indonesia seperti Bank Sulselbar, BNI, Bank Mandiri, BRI, BCA, dan bank-bank lain yang bekerja sama dengan BI dalam hal kas titipan.

Kepala BI Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso, mengungkapkan BI paling tidak menyiapkan uang kartal sebesar Rp3,9 triliun untuk melayani kebutuhan uang pecahan masyarakat.

"Untuk menjangkau hingga pelosok daerah, kita telah melakukan kegiatan pelayanan kas keliling antarpulau Terpencil, Terluar, dan Terdepan (3T) dengan bekerja sama dengan Lantamal VI di delapan pulau di Kabupaten Pangkep seperti Sapuka, Pelokang, Tampaang, Sailus, Satenger, Sabalana, Poleonro dan Kapoposang Bali," katanya.