Kamis, 23 Juni 2016 17:17 WITA

Jelang Lebaran, Transaksi Tebus Emas di Pegadaian Meningkat

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Jumardin Akas
Jelang Lebaran, Transaksi Tebus Emas di Pegadaian Meningkat

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jelang hari raya Idul Fitri, transaksi disejumlah kantor Pegadaian di Kota Makassaar mulai mengalami peningkatan. Berbeda dengan hari biasanya, dua pekan sebelum lebaran masyarakat justru dominan melakuan tebus perhiasan yang telah digadai.

Pimpinan Pegadaian Kantor Wilayah VI Makassar Nuril Islamiyah mengatakan, jumlah transaksi pelunasan atau penebusan gadai emas akan mulai mengalami peningkatan yang signifikan pada 10 hari jelang hari raya.

"Sepuluh hari sebelum sampai sepuluh hari setelah lebaran biasanyakan arus mudik. Nah disitu biasanya banyak dilakukan penebusan untuk dipakai bersilaturahmi. Karena umumnya masyarakat, utamanya kaum wanita cenderung ingin memperlihatkan perhiasannya saat pulang kampung," ujar Nuril pada Rakyatku.com, Kamis (23/6/3016).

Nuril menuturkan, puncak penebusan atau pelunasan barang gadai umumnya dilakukan mendekati H-4 smpai H-3 lebaran, setelah pegawai memperoleh tunjangan hari raya (THR) atau gaji 13.

Namun setelah lebaran, tren pembiayaan akan kembali meningkat dan berangsur-angsur normal, karena saat itu banyak masyarakat yang menggadaikan barangnya kembali, baik untuk modal usaha ataupun persiapan sekolah anak di semester baru.

Sementara itu, Asmen SOP Kantor Wilayah VI Makassar, Maksum menyatakan, setiap tahunnya tebus emas di Pegadaian memang selalu meningkat.

"Pengalaman tahun lalu, yakni posisi tahun 2015 jumlah penebus mencapai Rp120 miliar dan ditahun ini besar kemungkinan jumlah penebus akan lebih tinggi lagi," ungkap Maksum saat ditemui di Kantor Pegadaian Jalan Kumala, Makassar.

Maksum menambahkan, untuk mengantisipasi dan mengurangi jumlah tebusan di tahun 2016, Pegadaian mulai menawarkan berbagai bentuk promosi di masyarakat, seperti cashback biaya administrasi dan diskon sewa modal (bunga) hingga 50 persen.

"Jadi bagi nasabah yang tidak melakukan penebusan dan hanya memperpanjang saja akan kita bebaskan dari biaya administrasi," katanya.

Selain itu lanjut, Maksum, pegadaian juga menawarkan promo lain, yaitu pemberian souvenir kepada nasabah yang tidak melakukan penebusan barang.

Loading...