Kamis, 23 Juni 2016 12:00 WITA

Warga Makassar Masih Sulit Lepas Emasnya

Penulis: Nurhikmah
Editor: Andi Chaerul Fadli
Warga Makassar Masih Sulit Lepas Emasnya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Minat masyarakat Makassar terhadap emas tetap tinggi meski harganya kerap naik turun. Terbukti, jumlah buyback PT Aneka Tambang (Antam) Tbk cabang Makassar tidak secemerlang penjualannya.

Berdasarkan data Antam Makassar, sejak Januari hingga pertengahan Juni, total buyback PT Antam Makassar baru mencapai 12 Kg. Jumlah tersebut cukup rendah dibandingkan data penjualan emas yang sudah mencapai 60 Kg.

"Masyarakat Makassar itu unik. Mereka sangat sulit untuk melepas emasnya. Bahkan saat emas harganya naik mereka tidak buru-buru melepas emasnya. Bahkan makin banyak yang cari emas," kata  Representative Head PT Antam Logam Mulia Makassar, Zet Logen kepada Rakyatku.com, Kamis (23/6/2016).

Dia melanjutkan sebagian besar orang yang melakukan penjualan emas didominasi oleh kalangan wiraswasta, atau pengusaha.

Loading...

"Pembeli dan yang jual sebenarnya dari semua. Mshasiswa, PNS, tentara, polisi, karyawan BUMN, pengusaha, pegawai swasta. Tapi paling banyak wiraswasta," ujarnya.

Sementara itu, untuk kepingan yang paling banyak dicari, Zet mengaku, kepingan 10 gram masih menjadi primadona. Dalam sebulan rerata penjualan emas didominasi oleh emas kepingan 10 gram di mana 40 persennya atau 4 kg dari 10 Kg adalah emas kepingan 10 Gram.

"Sisanya beragam, mulai dari kepingan 5 gram sampai 500 gram," pungkasnya.

Tags
Loading...
Loading...