Jumat, 25 Mei 2018 19:03 WITA

Apindo Makassar Dukung Fashion Handmade Bersaing Produk Pabrik

Editor: Nur Hidayat Said
Apindo Makassar Dukung Fashion Handmade Bersaing Produk Pabrik
Ketua Apindo Makassar, Muammar Muhayyang (kanan).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Eksistensi fashion handmade terus diuji. Gempuran produk-produk tekstil dari pabrik dengan harga yang jauh lebih murah menjadi tantangan tersendiri.

Namun,  hal tersebut tidak membuat nyali dan semangat  para pelaku  di industri fashion handmade bergeming.  "Dengan berasosiasi, kami semakin kuat dan pasar terus terbuka," kata owner Aribah In Etnic Collection, Aribah Tul Nafisah, yang merupakan salah satu desainer dan founder fashion handmade di Makassar.

Aribah bilang, untuk menjaga eksistensinya, salah satu hal yang dilakukan adalah membuka butik. Dengan menggandeng rekannya di Asosiasi Pengusaha Indonesia  (Apindo) Makassar, Henny Kusmawati (Owner Anindya Glamour Fashion Aribah) dan menyewa salah satu tenant di Giant Extra Pettarani.

"Kebanyakan klien kami pesan online tapi banyak permintaan klien untuk buka toko.  Mudah-mudahan bisa diramaikan. Semoga bisa menjadi tren yang mengusung karakteristik masyarakat Makasssar," katanya Aribah. 

Henny menambahkan, kehadiran mereka selaku pelaku UMKM di bidang fashion yang mengangkat tema etnik tentu saja bukan hanya berbicara soal bisnis. Ada misi pelestarian budaya di dalamnya.

"Sehingga  kalau diperhatikan desain-desain kami ini tetap mengikuti tren fashion tapi kami tetap menyisipkan unsur-unsur budaya mulai dari jenis kalin maupun model pakaiannya," jelas Henny. 

Aribah melanjutkan, sebagai pengusaha yang menginginkan kemakmuran untuk seluruh masyarakat Sulsel, pihaknya hingga saat ini menggunakan jasa dan bahan lokal Makassar.  "Sehingga dari rantai pasok higga penjualan akhirnya, memanfaatkan potensi lokal," katanya. 

Sementara itu,  Ketua Apindo Makassar, Muammar Muhayyang, mengatakan dukungan penuh dari Apindo terus diberikan kepada seluruh anggota Apindo. 

"Sehingga kedepan  bukan hanya dua anggota kita ini. Tapi seluruh anggota Apindo Makassar bisa berdaya dan memberdayakan," pungkasnya.

Berita Terkait