Jumat, 25 Mei 2018 12:20 WITA

THR Dibagikan, Menkeu Harap Konsumsi Lebih Baik di Kuartal II

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
THR Dibagikan, Menkeu Harap Konsumsi Lebih Baik di Kuartal II
Sumber Foto: Katadata

RAKYATKU.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap dengan diberikannya Tunjangan Hari Raya (THR) kepada PNS, TNI, Polri, dan pensiunan dapat meningkatkan perekonomian pada kuartal kedua. 

"Diharapkan ini yang akan menggerakkan. Kami berharap, pada kuartal II, konsumsi lebih baik lagi," ujarnya, yang dikutip dari Tempo.co.

Ia menambahkan, pada masyarakat level menengah, diharapkan dapat meningkatkan konsumsi, dengan adanya THR tersebut.

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) soal THR sendiri  telah dikeluarkan. Pencairan dana THR tersebut tinggal menunggu pendataan yang dilakukan satuan kerja (satker).

Pencairan THR ini bisa dilakukan ketika satker sudah memberikan data tersebut ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). 

Menurutnya, satker membutuhkan satu minggu untuk melakukan pendataan tersebut.

Nantinya, pembagian tunjangan hari raya serta gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) masing-masing akan dibagikan pada Juni dan Juli nanti. Aturan detail soal pembayaran THR dan gaji ke-13 ini dituangkan dalam peraturan Menteri Keuangan.

Saat ini, jumlah anggaran untuk pembayaran THR sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2017 tentang APBN 2018 senilai Rp 35,76 triliun. Nilainya meningkat 68,9 persen dibandingkan dengan tahun lalu, karena 2017 pensiunan tidak memperoleh THR.

Untuk jumlahnya sesuai UU APBN 2018 yang dianggarkan senilai Rp 35,76 triliun. Angka tersebut mencakup THR gaji sebesar Rp 5,24 triliun, THR untuk tunjangan kinerja Rp 5,79 triliun, THR untuk pensiunan Rp 6,85 triliun, dan gaji ke-13 sebesar Rp 5,24 triliun. Lalu, tunjangan kinerja ke-13 sebesar Rp 5,79 triliun dan pensiun ke-13 sebanyak Rp 6,85 triliun.