Selasa, 22 Mei 2018 11:21 WITA

Masyarakat  Bisa Bantu Perkuat Nilai Tukar Rupiah, Begini Caranya! 

Editor: Andi Chaerul Fadli
Masyarakat  Bisa Bantu Perkuat Nilai Tukar Rupiah, Begini Caranya! 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Nilai tukar mata uang Rupiah terus tertekan terhadap Dollar Amerika. Perhari ini,  rupiah  mencapai Rp14.200 per USD1.

Hal ini menyusul pertumbuhan ekonomi AS dimana terjadi penguatan investasi dan konsumsi  yang membuat nilai tukar Dollar mengalami penguatan terhadap hampir seluruh mata uang di dunia. 

Direktur BI Sulsel Dwityapoetra S Besar mengatakan,  masyarakat bisa ambil bagian dalam upaya  menjaga kekuatan nilai tukar Rupiah. Bahkan,  masyarakat dapat  membantu agar nilai tukar Rupiah lebih  baik. 

"Caranya,  yang pertama jangan panik  menghadapi hal ini. Tahun 2015 lalu kita pernah mencapai  Rp14.600 tapi akhirnya dapat turun lagim jadi sebenarnya wajar jika ada fluktuasi nilai tukar," katanya 

Dia melanjutkan,  hal lain yang bisa dilakukan adalah mengerem pembelian valuta asing.  Pembelian valas dalam jumlah besar,  apalagi jika tidak sesuai kebutuhan,  justru akan memperburuk nilai tukar rupiah. 

"Jadi sebaiknya masyarakat  jabgan ikut-ikutan  beli valas hanya karena nilai mata uang kita turun," katanya dalam  pers rilis yang digelar di kantornya, Senin(21/5/2018)

Dwitya melanjutkan,  masyarakat  perlu ikut menjaga liquiditas perbankan agar nilai mata uang kita tetap kuat. 

"Caranya,  jangan buru-buru ambil uang anda di bank. Jika memang tidak diperlukan," katanya.